Virtual Office Gratis

Virtual Office Gratis

Virtual Office Gratis

Virtual Office Gratis adalah deskripsi produk yang penting kita lihat sebagai sebuah kesempatan memulai sebuah upaya bangkit. Artikel ini mungkin tidak akan kita temukan jika tanpa ada hal yang memang mendeseak demi masa depan usaha kita. Seberapa penting sebenarnya bagi kita yang ingin mengambil kesempatan keluar dari sebuah posisi sulit secara ekonomi tapi yang disebabkan oleh covid19. Tidak ada kata solutif yang mungkin lagi kita tunggu karena ini adalah waktunya bergerak dan bangkit serta memulai sebuah upaya menciptkan jejak jejak adaptif dari upaya merdeka dari keadaan ini.

Nah salah satu hal dasar ketika kita bicara membuat perusahaan maka kita akan bertanya yang mana perusahaan itu akan berkantor, jika dengan berkantor daerah perumahan akan menghadapi hal tersendiri yang kita sebut domestifikasi. Dan tentu akan berupa kendala sendiri bagi kita ketika kita ingin melakukan pertemuan dengan klien atau berniat untuk menjadikan kantor kita pusat kegiatan dan aktifitas bisnis. Karena tentu akan benturan dengan aktifitas domestik keluarga. Tantangan yang kita lihat sebagai sebuah masalah yang mesti kita pecahkan sekarang telah ada solusinya. Yaitu ketersediaan alamat kantor gratis pada lokasi tangerang selatan yang merupakan inisiasi oleh Expresoo virtual office. Sebagai penyedia alamat kantor sejak 3 tahun lalu. Secara sistem bisnis model yang berorientasi mendorong sinergi kewirausahaan dan penyediaan kantor adalah sebuah keharusan.

Solusi Jangka Panjang

Apa yang kita tawarkan dalam model bisnis ini adalah, alamat gratis tanpa komersialisasi. Dengan skema dukungan kebersihan serta service lingkungan yang terjangkau. Pelaku usaha tidak lagi perlu pusing dengan biaya tinggi dan investasi alamat kantor komersil yang menyebabkan beban ekonomi serta bisnis yang berat. Strategi dan model bisnis ini memang sejak awal kita siapkan demi menciptakan ekosistem kewirausahaan yang tangguh dan memiliki prinsip. Yang mana sinergi dan kolaborasi bukan lagi sebuah gimik tapi adalah dalam zona aksi.  Sudah hampir ratusan perusahaan yang merasakan manf’at dari kesempatan emas ini. Selain menjadi solusi memulai usaha juga solusi bagi para pemilik serta pemula dalam mempertahankan usaha mereka.

Mohon perhatikan narasi diatas, sehingga tidak ada misinformasi kedepannya, solusi alamat gratis ini sudah berlangsung sejka 2018, dan solusi ini adalah solusi untuk pelaku usaha yang belum menyandang pengusaha kena pajak. Sehingga jika anda membutuhkan kriteria yang menurut anda cocok dengan model bisnis anda. Maka ini adalah tempat yang tepat. Namun jika anda membutuhkan solusi ruang kantor, tentu anda tidak akan menemukannya disini.

Pelaku Usaha Cerdas

Pelaku Usaha Cerdas

Pelaku Usaha Cerdas

Pelaku Usaha Cerdas adalah tulisan reflektif bukan saran ataupun konsep pemikiran. Rasanya baru kemarin pengumuman akan pembatasan aktivitas oleh pemerintah. Berdampak pada sebuah arena yang mana kebiasaan kita yang tadinya sdah terbentuk. Akhirnya mesti berubah dan banyak tidak bisa kita eksekusi. Namun ada hal yang mesti kita sadari, proses perubahan ini tidak bisa yang kena tolak karena sistem merspon demikian. Ancaman yang tampak serta kenyataan memaksa kita pelaku usaha mesti tunduk kepada keadaan. Dan kenyataan, bahwa ada lapisan kendali diatas kita semua yaitu kepentingan bersama dan negara. Yang mana niat baik dan keinginan agar kita bisa beraktifitas seperti dulu dan menjalankan fungsi fungsi ekonomi. Sehingga semua orang akan mendapatkan kesempatan dalam mendorong pertumbuhan pada bangsa ini.

Namun kenyataan menuntut kita untuk melakukan adaptasi terhadap keadaan. Berbagai hal terkait penguatan sistem kesehatan adalah prioritas dari banyak pihak. Melihat kenyataan akan bentuk bentuk keterbatasan dari pergerakan maka muncul berbagai alternatif untuk mendorong transaksi. Tulisan ini bukan bentuk ketidaktentuan dalam merespon realitas Yang mana cukup banyak orang yang terdampak secara ekonomi karena kehilangan pekerjaan. Sebanyak orang kehilangan akses pada bisnis untuk tujuan jangka panjang.

Adaptasi Sekarang

Tidak bisa kita tolak dan tidak bisa juga kita abaikan. Yang bisa kita lakukan sebagai pelaku usaha adalah menyesuaikan kebutuhan dengan bentuk dan model yang relevant dengan kepentingan kita. Kelangkaan strategi tersebut telah melebar keman-mana, yang membuat banyak pelaku usaha frustasi dan tidak bisa melihat celah yang lebih masuk akal dalam membangun pertumbuhan ekonomi serta fakta terhadap akses kepada ekonomi. Menyadari hal ini, yang pertama kita butuhkan adalah mempertahankan kepercayaan publik pada usaha anda. Serta mempertahankan sistem yang bisa menyesuaikan diri sebagai solusi jangka panjang dalam merepson banyak perubahaan.

Dalam kegalauan ini, kepercayaan pada tujuan dan nilao adalah sebuah bentuk eksistensi baru dalam pasar. Tidak semua orang bisa dan mampu menjaga ini, sampai kita mampu melihat dan mengendalikan modal serta model bisa bertumbuh dan berkembang menjadi sebuah produk yang bisa dihargai dalam transaksi ekonomi. Kita sebut dengan “cara masuk pasar”. Dan ini adalah sebuah pemahaman yang tidak sederhana namun bisa terlihat sederhana. Nah disinilah konsep cerdas sering muncul dalam kebiasannya serta dalam label yang sederhana, jika orang tersebut bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri. Sehingga bisa diterima pasar serta memenangkan hati pelanggan. Dan ini tentu sa’atnya memanfa’atkan virtual office sebagai bentuk adaptasi kita.

Matinya Model Bisnis

Matinya Model Bisnis

Matinya Model Bisnis

Matinya Model Bisnis adalah artikel reflektif terkait kondsi real dampak buruk covid19.  Dampak yang berlarut larut dalam konteks kesehatan masyarakat dan stabilitas ekonomi. Menjadikan banyak model bisnis yang lama dan kaku serta tidak bisa beradaptasi mesti menutup layanan mereka dan berdarah darah mempertahankan cashflow mereka. Zaman yang pada masa ini tidak lagi bisa mengandalkan model bisnis convetional dipaksa untuk melibatkan teknologi dan digitalisasi sebagai alat serta sebagai ujung tombak untuk bertahan.

Perjalanan yang tidak mudah ini bukan saja dihadapkan kepada pelaku usaha yang besar. Akan tetapi juga menjadi faktor pembunuh bagi usaha yang sedang dan kecil. Sering kita memimpikan bahwa keadaan sa’at ini adalah keadaan penting untuk melakukan banyak perubahan. Selain memanfa’at kan digitalisasi juga memanfa’at teknologi robot serta remote.  Wow, sudah semana posisi bisnis anda. Apakah sudah mulai berubah, atau masih pikir pikir dulu. Jika anda masuk kelompok yang masih pikir pikir dulu. Maka ada semacam ketertinggalan yang anda harus bayar. Salah satunya, keterlambatan berubah dan disalip oleh pelaku usaha baru serta pemula. Anda akan berusaha merangkak keatas, untuk mendapatkan tempat dan pengakuan yang itu biayanya tentu tidak murah.

Hidup sa’at ini untuk masa depan

Yah, itulah kira kira kutipan yang bisa menjadi pegangan kita. Bagi seorang pelaku usaha, belajar adalah sebuah alat demi mengatasi perubahan. Jangan berhenti belajar, karena dengan berhenti belajar kita sudah mati. Lalu bagaimana langkah selanjutya. Bagi anda yang masih “wait and see” jangan kelupaan untuk segera berubah dan bergerak menuju kepastian rencana bisnis anda. Jangan menjadi patung yang kaget karena dentuman petir. Risiko terbesar dari proses itu adalah anda akan menjadi patung selamanya. Mulai melakukan riset, dan pastikan tujuan riset anda.

Melakukan riset tanpa tujuan akan membuat anda kebingungan apa yang akan anda lakukan. Coba berkomunikasi dengan orang yang memiliki pengetahuan. Pastikan anda mendapatkan nasehat yang tepat. Dari orang orang yang bepengalaman. Nah, bagaimana menurut anda. Terkecuali anda adalah pemain dan pelaku usaha yang menjadi ujung tombak dari upaya perubahan sekarang tentu sudah ada tempat tempat dan model yang sudah tinggal di aktifasi. Karena ada beberapa peaku usaha yang sensitif terhadap perubahan sehingga kematangan berpikir dalam mempersiapkan sebuah model yang bisa survive tentu tidak mudah.

Menolak Perubahan Zaman

Menolak Perubahan Zaman

Menolak Perubahan Zaman

Menolak Perubahan Zaman adalah artikel dasar dari upaya memberikan pandangan tentang bagaimana beradaptasi. Sebagaimana kita ketahui, dalam masa hampir masuk 2 tahun kita mengalami stagnasi yang datang karena covid19. Hampir semua aktivitas dan rencana ekonomi serta pertumbuhan terhalangi serta terkendala. Datang dari sebab dan oleh sumber yang diluar kemampuan kita mengendalikan. Dalam kenyataanya, sampai sa’at ini. Proses vaksinasi adalah satu-satunya solusi yang menjanjikan dan bisa kita andalkan. Sehingga kebijakan pemerintah melakukan proses vaksinasi secara masif, kita berharap kondisi ini bisa berubah. Namun apa yang bisa kita paksakan.

Tidak semudah yang kita pikirkan juga. bahwa keadaan ini benar benar sulit kita kendalikan. Dan tidak ada juga cerita sukses dari negara yang mampu menembus serta menemukan pola untuk proses pengendaliannya. Lalu apda yang bisa kita lakukan agar tetap menjadi bagian dari pemain serta dengan begitu kita tetap bisa mendukung sert mencapa cita cia yang kita harapkan. Karena memaksa untk menolak bukan solusi yang bisa kita harapkan.

Waktunya Menerima

Keadaan ini bukan hanya menjadi pertanyaan kita ketika pandemi ini melanda. Namun juga berjalan waktu, bagi yang merasa kuat, diuju oleh keadaan. Bahkan yang merasa lemah juga terguncang tapi ada yang bertahan. Sehingga dalam semua kekacauan ini, kemampuan kita melihat kesempatan adalah sebuah kelebihan yang mesti kita syukuri. Dan tentu dengan begitu kita bisa menjadi bagian dari perubahan tersebut. Serta secara bersamaan belajar dan membentuk model adaptasi kita.  Tidak mudah, iya penulis sangat setuju. Banyak teman, sahabat dan sudara kita yang terbawa oleh ganasnya covid19.

Yang mana memukul kesedihan kita namun juga menggerusnya sampai kita kebal terhadap rasa sedih itu. Nah dengan konteks dan pengalaman berjalan ini. Kita berharap semua akan menjadi sebuah model yang menjadi pelajaran serta rujukan bagi kita semua. Dengan begitu kita bisa menjadikanya landasan pacu menuju cita cita yang kita makasud. Tidak ada akhir dalam perjalan yang kita lakukan ini, selalu posisinya dalam posisi memulai. Dan tidak ada batasan bagi kita ketika memulai selain menjadikan cita cita kita sebagai wujud dari keinginan serta wajah masa depan kita. Demi nilai yang kita perjuangkan.

Expresoo virtual office hadir sebagai teman dalam perubahan zaman ini, dan menjadi pendamping perjalan memenuhi harapan para tenant. Sehingga kami akan menyediakan layanan paripurna yang menjawab bentuk kegelisahan dari pelaku usaha.

Virtual Office Sambut Ekonomi Digital

Virtual Office Sambut Ekonomi Digital

Virtual Office Sambut Ekonomi Digital

Virtual Office Sambut Ekonomi Digital adalah betuk kesadaran kita terhadap pentingnya beradaptasi dengan keadaan sekarang. Sudah bisa  kita pastikan bhawa kehidupan kita kedepan akan berdamai dengan Covid19. Tidak ada hal yang menjadi penting selain tetap maju dengan berbagai keterbatasan yang kita miliki. Dengan kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun ini, adalah waktu kita untuk memulai dan beradaptasi. Begitu juga dengan memilih kantor untuk usaha. Kita tidak terlalu memerlukan lagi space tapi hanya butuh alamt kantor untuk menmastikan bahwa kita “legitimate” dan sejalan dengan kebutuhan peraturan dan perundangan yang sejalan dengan pemerintah Indonesia.

Dalam koteks sa’at ini dukungan pemerintah Indonesia terhadap perbaikan ekonomi sangat tinggi, sehingga berbagai akses dan kemudahan bukan lagi sesuatu yang sulit dicapai.Yang mana keberadaan aturan serta infrastruktur memang sudah mengarah pada Ekonomi digital yang akan menjadi tujuan dari ekonomi Indonesia beberapa dekade kedepan. Hal ini juga kita sambut baik oleh pelaku usaha, dengan tersedianya sistem serta model yang mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha. Sehingga semangat dan optimisme bisa tumbuh dan mendorong semangat kemerdekaan kita.

Jalan Selamat

Tidak ada yang pilihan lain selain kita menghadapi ombak besar dan belajar tentang bagaimana ombak ini bisa kita kelola. Sebagaimana kita sama sama sadar bahwa dengan menghadapi ombak inilah kita bisa belajar arti mengelola risiko dan menumbuhkan bisnis. Dengan begini juga kita dapat menjadi individu yang kuat dan tanggun serta bisa menjadi contoh bagi generasi selanjutnya. Kekuatan yang kita miliki tidak lain adalah kekuatan yang mendapat anugerahkan Tuhan, sehingga kekuatan untuk bangkit tersebut tidak boleh kita sia-siakan. Dengan kekhawatiran ketakutan serta ketidak pastian. Dalam wacana atau pun dalam realitas.

Adaptasi kita bisa mulai dari dimana kita akan berpayung serta memulai cita-cita, alamat adalah hal dasar dari memulai itu. Dengan memulai alamat kantor kita memilik kepastian ketikan proses bisnis berjalan, perijinan berjalan, pembukaan rekening diproses. Makan dalam hal ini sudah beberapa hal dasar yang berbunyi positif bagi perkembangan usaha kita.  Ketakutan dan kekhawatiran bisa kita kelola dan bukan menjadi hal yang memperlambat proses kita bertumbuh dan berkembang. Serta membangun negeri ini. Dan karena itu, kita sebagai pelaku usaha pun berpikir strategi demi kepentingan serta kontribusi pada orang lain. So guys, tunggu apalagi, segera tumbuh dan berkembang, dengan semangat kita keyakinan akan kemampuan kita beradaptasi, segera pilih kantor virtual anda. Pilihan terbaik tangerang selatan Expresoo virtual office.

Virtual Office Murah 2021

Virtual Office Murah 2021

Virtual Office Murah 2021

Virtual Office Murah 2021 adalah solusi bagi keterpurukan ekonomi. Mempertahankan inflasi. Karena inflasi adalah solusi bagi ekonomi kita. Dimana transaksi dan uang menjadi tidak bernilai agar terjadi perpindahan dari pemengang mata uang dan menggunakan tenaga atau sumberdaya lain.  Nah, kelebihan dari ekonomi berorientasi inflasi adalah suply ekonomi terletak pada pemerintah dan pelaku usaha berperan dalam menciptakan dan memberikan dukungan kepada upaya tersebut. Namun ada sebuah tantangan yang mana model ekonomi ini tentu akan membuat uang menjadi semakin langka sebagai alat tukar. Dan hanya bisa kita dapat jika kita melakukan pertukaran dengan kemana uang itu mengarah. Dengan skema dan model ini, ekonomi dan kebijakan kebijakan ekonomi bisa kita dukung untuk membuat bergeraknyanya uang dan digunakannya sumberdaya yang sudah ditransaksikan. Ekonomi kita sekarang diarahkan pada basis konsumsi, namun dengan keadaan yang mengkhawatirkan ini. Para pemengang uang akan berusaha mempertahankan uang mereka untuk mengantisipasi risiko ekonomi tanpa memegang uang cash.

Manajemen Risiko

Menyadari hal hal tersebut ini adalah waktu yang tepat untuk memastikan usaha anda tetap hadir dan bertahan. Dengan berpindah ke Virtual office yang mana keberdaannya memang menjadi kebutuhan serta solusi dalam menghadapi resesi. Keadaan yang sedang kita jalani, dengan kekhawatiran depresi ekonomi yang membuat kedaan kita makin parah. tanpa dapat melihat solusi yang bisa membuat kita bertahan dan berkompetisi dengan negara lain. Keberadan Expresoo Virtual Office di tangerang selatan yang sudah memasuki tahun ketiga adalah sebuah solusi yang memberikan kemudahan. Dengan kehadiran serta ketersedian dari fasilitas ini. Semoga bisa menjadi solus bersama, yang menopang keberadaan pelaku usaha untuk tetap bisa mempertahankan usaha mereka.

Memang tidak mudah menjadi pelaku usaha dalam kondisi ekonomi yang sedang tiarap ini. Akan tetapi tidak sulit juga ketika kita melihat ada peluang yang memungkikan kita tetap melakukan upaya dalam menciptakan pergerakan tersebut. Dan pilihan bangkit dan mempertahankan adalah kebutuhan sa’at ini. Jalan bangkit dan bertahan sudah tentu bukan ditujukan untuk pelaku usaha yang artificial. Tapi himbauan ini adalah pesan yang kita salurkan untuk para pelaku usaha yang ingin menjadi bagian dari pejuang ekonomi.

So guys, segara mampir ke Virtual office yang tersedia di gedung Intermark BSD. Kami akan selalu siap membantu anda. Tentu dengan standar Covid19. Sebagi dasar dalam kita menjaga kesehatan dan mengikuti himbaun pemerintah.

Waktunya Pindah Ke Virtual Office

Waktunya Pindah Ke Virtual Office

Waktunya Pindah Ke Virtual Office

Waktunya Pindah Ke Virtual Office adalah solusi bagi anda yang masih memiliki komitmen bangkit. Dari keterpurukan dan model kebijakan pemerintah yang berdampak pada petumbuhan usaha anda. Tidak bisa tidak, karena kontrol terhadap pergerakan membuat kantor fisik yang anda bayar ratusan juta itu menjadi tidak bernilai. Virtual office bukan lagi substitusi, tapi adalah pilihan untuk tetap “doing business” atau terkapar dan melihat perubahan akan begitu cepat terjadi didepan mata anda. Dan tidak lagi punya kesempatan terlibat dalam pokok-pokok perubahan tersebut. Kembali pada krisis tahun 1998, yang mana menunjukan eksistensi dan kehadiran bisnis yang bermunculan pada waktu itu.

Berubah menuju keuntungan yang dalam hitungan tahun memiliki dampak pada ekonomi dan kehadiran ekonomi. Apa yang penulis sebut sebagai kehadiran ekonomi. Kehadiran yang menjadi kolektor dari aset-aset terbuang atau mendesak. Yang mana pemilik membutuhkan cash sebagai alat untuk menopang hutang dan piutang mereka. Menopang hutang atau bunga tentu posisinya berbeda antara pelaku usaha dan pemerintah. Yang mana pemerintah jika membutuhkan uang, semena mena bisa menerbitkan surat utang yang Yang mana merupakan dasar dari mencetak uang. Namun bagi pelaku usaha ini adalah sebuah fakta dimana jaminan aset menjadi alat yang hanya diakui oleh perbankkan.

Keharusan Pindah

Analisis diatas adalah bagian dasar yang tidak banyak kita sebut pada area ekonomi mainstream. Dan bukan menjadi rahasia publik tapi tidak disadari publik karena kepatuhan dan keta’atan yang dibentuk dalam kekuatan negara serta hukum. Tidak ada cara merubahnya bagi warga negara. Karena cara merubah tentu memilki konsekuensi hukum.  Memahami peta ini, penulis dengan lantang mengatakan, ini adalah waktunya berpindah ke virtual office, demi menghindari kerugian yang lebih besar bagi pelaku usaha yang tidak memilki kantor sendiri. Dan mesti mengeluarkan biaya demi menalangi keberlangsungan mereka. Dengan ini, situasi krisis bisa kita balik menjadi peluang tumbuh. Sehingga waktu sekarang adalah waktu yang mengaharuskan pelaku usaha untuk memutuskan bukan lagi menilai. Karena kebijakan yang membuat aktifitas kantor dan ekonomi ini tentu akan memberikan dampak secara terus menerus kepada pelaku usaha.

Hanya pilihan tutup usaha atau tetap menjaga eksistensi melalui kepastian alamat anda. Dan perusahaan anda, sehingga setidaknya, bisa memberikan ruang ruang bertahan bagi perusahaan demi menjaga cash flow mereka. So guys, tunggu apalagi, segera daftar ke Expresoo virtual Office, lokasi mewah di gedung prestisius dan bukan di Ruko yang pinggir jalan.

Ketangguhan Usaha

Ketangguhan Usaha

Ketangguhan Usaha

Ketangguhan Usaha adalah konsep yang menjadi populer selama pandemi. Sebagian orang mungkin masih bertahan pada upaya menjadi besar dan kuat serta berpengaruh. Namun kenyataan sekarang adalah yang tangguh dan tetap bisa berjualan serta mampu berjalan dalam usahanya. Adalah jawaban yang kebutuhan dari pembatasan sosial maupun covid19. Tidak ada yang menyangka, sekelompok orang akan kembali pada prinsip hidup dan berjalan, tidak lagi besar dan berpengaruh. Karena sampai sa’at ini, besar dan berpengaruh terbukti adalah arena dalam stabilitas dan kepastian.

Sementara ancaman terbesar dari model bisnis sa’at ini adalah ketidakpastian dan insecure. Sewaktu-waktu sebuah entitas bisnis bisa tersingkir. Dan sewaktu-waktu seorang pemain bisnis bisa telempar dari arena bermain. Tresungkur dan terpuruk karena, keadaan tidak lagi berpihak kepadanya. Yang mana cadangan tidak lagi berupa prioritas, namun yang menjadi prioritas adalah aliran uang masuk dan keluar, yang secara konsisten bersedia mendorong usaha untuk tetap menjadi bagian dari cycle bisnis. Daya tarik pertumbuhan dan cycle bisnis tidak lagi menjadi agenda. Tapi justru sa’at ini adalah peran dari Demografis dan agenda bertumbuh.

Ukuran dan Nafas Panjang

Kira kira indikator ukuran dan nafas panjang yang menjadi variable yang kita gunakan. Mengikut pada kedaan dan keadaan sekarang. Yang mana tantangan untuk tetap eksis dan berkelanjutan adalah sebuah tuntutan dari kepaiawaian sebuah entitas bisnis beradaptasi. Apa yang menjadi tolak ukur ini adalah sebuah model yang kita percaya bagi banyak pihak bisa menjadi jalan untuk tetap berlanjut. Dalam kenyataan pahit seperti ini, kehilang eksistensi dari arena dan keluar dari area bermain karena kita paksa adalah sebuah kenyataan. Namun untuk bisa tetap bertahan dan berlanjut adalah sebuah mekanisme yang tidak semua entitas miliki.

Sebagaimana kita lihat ukuran besar tidak selalu menentukan usaha tersebut bisa tetap hadir dan berlanjut. Namun dengan kemampuan bertahan dan nafas panjang ukuran tidak lagi menjadi variabel yang masuk pertimbangan. fokus pada keberlanjutan adalah sebuah fokus yang mesti dimiliki dan menyatu dalam usaha. Expresoo virtual office berharap bisa menjadi bagian tersebut dan benar benar hadir membantu pelaku usaha yang sedang terjepit dan butuh untuk bertahan dan menambah nafas mereka. Tidak mudah menjadi pelaku usaha pada zaman yang diluar hitungan kita semua. Namun dengan memahami keadaan dan nature dari  bisnis model diharapkan kehadiran Expresoo menjadi bagian dalam keberlanjutan.

Model Bisnis Bertahan

Model Bisnis Bertahan

Model Bisnis Bertahan

Model Bisnis Bertahan adalah refleksi tahun kedua. Dari mencari celah bertahan dengan kondisi nyata yang sedang kita hadapi sa’at ini. Bukan saja kebijakan yang telah berdasarkan pada kondisi kekurang informasi lengkap lapangan namun juga ada faktor pendorong dari luar kontrol pemerintah. Dan tentu ini berdampak pada bagaimana pelaku usaha bisa membangun pertahan bisnis mereka. Dan pengalaman yang hampir 2 tahun ini bukan sebuah proses yang akan kembali pada keadaan sebelum, tapi justru akan semakin parah atau berbelok tanpa ketahuan yang mana ujung kedaan tersebut.

Nah, lalu sebagai pelaku usaha apa yang bisa kita lakukan, selain terhindar dari keadaan buruk yang bisa saja semakin buruk. Tapi tetap mendapatkan manf’at dan pertumbuhan usaha. Beberapa orang tentu akan mengamati bagaimana uang mengalir, salah satunya adalah bermain pada sektor sektor paling kita butuhkan. Baik terkait kesehatan maupun terkait kebutuhan hidup dasar, yang sudah pasti tidak bisa kita hindari. So guys, solusi yang kita cari datang dari pengalaman kita bertumbuh dengan keadaan sangat terbatas. Namun, keadaan yang sangat terbatas ini membentuk kita menjadi entitas yang secara sunyi menjadi bagian dari melanggengkan status quo virus covid19 yang berdampak pada sosial ekonomi.

Memaksa bertumbuh

Dengan menguatkan diri dan menjadi bagian dari cara bertahan adalah salah satu metode yang mengusahakan entitas dari konsep adaptasi. Yang mana adaptasi ini lahir dari kedaan sekarang yang bertransformasi dari individu yang menjalankan organisasinya. Dan selanjutnya, organisasi tersebut akan menyesuaikan dengan bagaiman menempatkandiri dengan keadaan sa’at ini. Serta mencari jalan menyesuiakan kemampuan bertahan secara terus menerus. Uji daya tahan tidak akan terputus pada kedaan sa’at ujian pertama datang. Namun tentu akan bersambung pada tahap selanjutnya yaitu masuk ke ujian ujian selanjutnya. Yang dengan cepat berubah dan beradaptasi untuk terujikan kembali kepada kita.

Sudah tentu, mengalami keadaan sekarang bukan sesuatu yang mudah, karena setiap hari kita akan berhadapan dengan ujian mematikan baik dari virus maupun dari perubahan keadaan yang membuat kita tidak bisa bertumbuh dan berkembang. Bukan saja datang dari luar namun tentu juga datang dari dalam. Dan ini bukan saja berbentuk ancaman namun juga bentu konkrit seperti pengaruh ketidakmampuan berdaptasi. So guys, semoga artikel pendek ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita, namun juga sebagai inspirasi dalam mempersiapkan entitas yang sedang kita kawal.

Berpacu dengan Waktu

Berpacu dengan Waktu

Berpacu dengan Waktu

Berpacu dengan Waktu adalah artikel refleksi tengah tahun 2021. Yang mana kita melihat perjuangan setiap lini sosial ekonomi mencoba berdiri tegak. Menghadapi dampak buruk dari covid19. Sebagian dari kita mungkin juga melihat bagaimana negeri tercinta kita bertarung membangun kebangsaan kita. Seperti bertahan menjadi bagian dari satu bangsa dan melawan sebuah upaya pemecah belahan. Menyatukan persepsi kebangsaan yang dari hari ke hari mendapat ujian dari fakta fakta keberagaman dan tujuan kepentingan. Tidak saja berjuang menjadi negara bangsa yang memiliki sistem politik yang memerdekakan.

Tapi juga upaya mencapai negera yang sejahtera dan makmur pada bidang ekonomi. Sa’at ini optimisme kita teruji sebagai anak bangsa. Dalam keterpurukan banyak negara, kita terpaksa untuk memikirkan orang banyak atau fokus saja pada diri sendiri. Dan menyelamatkan diri dari biduk besar kebangsaan ini. Mungkin bagi beberapa orang hal ini tidak ada yang istimewa. Karena fase memperjuangkan dan menumbuhkan adalah bagian yang penting dalam keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal hal yang tertulis pada atas lebih terlihat sebagai masalah internal yang semakin hari semakin menantang kita. Agar lebih kreatif dalam melihat dan menagkap perubahan.

Positif yang bermakna “Negatif”

Jika kita perhatikan ini adalah masa yang mana ambiguinitas dan konsep linear yang dibangun dalam kehidupan serta peradaban menjadi berlawanan makna. Dengan keadaan yang masih dalam peradaban lama, konsep positif adalah sesuatu yang linear saja. Memberikan makna yang baik dan memberikan nutrisi pada kebangkitan semangat hidup dan cara pandang terhadap kehidupan. Sementara sa’at ini, semua orang mengharapkan hasil negatif terhadap hasil uji dan test respon pada paparan covid19.

Dan secara definitif penulis bisa katakan ini akan menjadi trend kedepan, dan menjadi aspek dasar dan cara pikir kita dalam memutuskan serta mengambil kebijakan. Dalam ketidakpastian ini kita membutuhkan bukan saja ilmu dan pengetahuan. Namun keberanian dalam mengujikan asumsi kita seperti para pengambil risiko lainya yang mendahului kita. Semua orang kembali pada titik nol, dengan pengalaman yang sama sama dimulai dari nol secara global dan kolektif. Belajar untuk beradaptasi dengan kenyataan dan keadaan hidup berdampingan dengan covid19. Memulai dari tidak tahu apa apa, karena tidak ada yang berpengalaman sebelumnya. Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi pemenang dan menempatkan diri sebagai pemain utama dalam kebangkitan ekonomi bangsa.