Pendirian PT Tangerang Selatan

Pendirian PT Tangerang Selatan

Perusahaan merupakan wadah organisasi yang di bentuk oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain nya guna melakukan kegiatan ekonomi bertujuan untuk menghasilkan barang/jasa. Saat ini semakin banyak bermunculan para pelaku-pelaku usaha yang sedang mengembangkan bisnisnya namun masih banyak juga yang belum mengerti apa itu PT dan CV. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antata PT dan CV.

PT
Perseroan Terbatas (PT) adalah wadah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Dimiliki oleh dua orang atau lebih tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan.

CV
Commanditaire Vennontschap (CV) merupakan perusahaan yang di atur dalam KUHD. Dimiliki oleh minimal dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bertanggung jawab penuh pada perusahaan dan kekayaan pribadinya.

  1. Penamaan perusahaan
    Dalam perusahaan PT pemakain nama pun telah di atur dalam pasal 16 UU no. 40 tahun 2007 yang menyatakan perlu nya di cantumkan “PT” di depan nama perusahaan lalu nama perseroan tidak boleh sama atau mirip dengan yang sudah ada di Indonesia.
    Sedangkan untuk CV tidak ada peraturan yang dibuat secara khusus untuk mengatur nama sehingga boleh saja jika ada nya kesamaan atau kemiripan.
  2. Berdasarkan modal
    Untuk PT, modal usaha sudah di atur dalam UU no. 40 tahun 2007 yang menyatakan bahwa modal dasar minimal 50.000.000 dan dari modal tersebut minimal 25% harus sudah di serahkan atau di setor selaku pemegang saham.
    Untuk CV sendiri tidak di tentukan secara khusus berapa besaran modal dasar yang wajib di setor oleh pemiliknya.
  3. Proses pendirian
    Dalam mendirikan sebuah PT membutuhan waktu yang cukup lama dikarenakan perlunya pengesahan dari menteri Hukum dan HAM RI.
    Lalu untuk CV proses pendiriannya relatif lebuh cepat karena tidak membutuhkan pengesahan khusus.

Kelebihan dan kekurangan

PT memiliki beberapa kelebihan seperti kelangsungan PT terjamin karena tidak tergantung oleh pemimpin atau pemilik saham, tanggung jawab seorang pemilik saham terbatas pada modal yang ditanamkan lalu juga harta perusahaan terpisah secara manajemen dengan harta pemegang saham. Namun, prosedur dalam pembuatan PT relatif sulit dan juga adanya kemungkinan nepotisme karena pemimpin perusahaan dipilih oleh pemegang saham terbesar.

CV juga memiliki kelebihan seperti lebih mudah mendapatkan kredit usaha sehingga dapat digunakan sebagai tambahan modal lalu juga pemimpin CV dapat terdiri dari beberapa orang. Namun, CV juga memiliki kekurangan karena kelangsungan perusahaan tidak terjamin serta modal yang ditanam untuk kelangsungan perusahaan sulit untuk di tarik kembali. Maka dari itu sangat penting untuk mengenal secara detail bentuk perusahaan yang cocok untuk bisnis anda sehingga nantinya akan memiliki perencanaan yang matang.

Penulis: Firda

Editor: Expresoo Vo