Dinas Penaman Modal Tangerang Selatan

Dinas Penaman Modal Tangerang Selatan

Apa yang berguna bagi pembaca informasi mengenai Dinas Penaman Modal Tangerang Selatan?. Seperti apa perannya pada umkm serta bagaimana umkm dapat memanfaatkan peran kelembagaan mereka untuk pertumbuhan umkm.

Dalam mengurus perizinan UMKM sendiri tidak lah sulit, sangat lah mudah malah. Terdapat beberapa syarat dalam mengurus perizinan UMKM. Yang pertama siapkan surat pengantar dari aparat di lingkungan seperti RT atau RW. Yang berhubungan dengan pembangunan usaha. Kedua yaitu fotokopi dan dokumen KTP asli, ketiga fotokopi dan dokumen KK asli, dan yang ke-empat, 2 lembar foto berukuran 4×6 cm. Kelima, mengisi formulir IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) yang tersedia. Pengurusan ini dipermudah lagi dengan adanya OSS, sehingga perizinan dapat dilakukan secara online. Jika anda sudah memiliki IUMK, maka anda dapat dilindungi dari segi hukum oleh pihak-pihak yang berwenang. Selain itu, anda juga dapat terbantu perihal peminjaman modal melalui bank, jika sudah memiliki IUMK maka jaminan yang anda miliki lebih kuat dari pada UMKM yang belum memiliki IUMK.

UMKM sendiri telah memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap total Pendapatan Domestik Bruto Indonesia.Pada tahun 2017 lalu PDB Indonesia terdapat sekitar Rp13.600 trilyun. Dengan ini, artinya total pendapatan UMKM di Indonesia adalah sekitar Rp8.160 trilyun.

Kontribusi Umkm Kepada Indonesia

Dalam aktivitas sehari-hari, pemandangan kita terhadap aktivitas atau kegiatan – kegiatan UMKM tidak akan pernah lepas, baik dari aktivitas jual-beli barang hingga layanan yang mereka tawarkan kepada kita. Di pagi hari kita dapat melihat benyaknya penjual makanan seperti bubur ayam, jajanan pasar, atau kue-kue ringan lainnya. Di sekolah-sekolah lebih banyak lagi, mulai dari yang menjual bakso, mainan, dan warung-warung makanan. Bahkan ketika kita membuka hp di dalam rumah pun banyak sekali UMKM yang memasarkan produknya secara online melalui sosial media, dan kebanyakan yang secara online ini masih belum memiliki surat izin usaha. Bisa jadi anda sendiri adalah pelaku UMKM yang memiliki toko di rumah atau menjual produk secara online.

UMKM sendiri kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Meskipun dikatakan kecil dan menengah, kontribusi UMKM – UMKM ini sangat lah besar di Indonesia. Menurut laporan Kementria Koperasi dan UKM RI, jumlah usaha mikro terdapat sebanyak  sekitar58,91 juta unit,  sedangkan usaha kecil 59.260 unit dan usaha besar 4.987unit. Tercatat ada 3,79 juta pelaku UMKM yang telah memanfaatkan teknologi digital atau bisnis e-commerce. Di Indonesia sendiri peraturan yang mengatur mengenai UMKM yaitu UU No. 20/2008, yang menyatakan UMKM sebagai, “perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu”.

Call Now Button