Harga Diri UKM Kita

Harga Diri UKM Kita

Artikel Harga Diri UKM Kita adalah refleksi penulis selama hampir 10 tahun bergelut dalam kewirausahaan. Hal pertama yang sering menjadi catatan dari bagaimana ukm kita sangat sulit bersaing dengan nama besar ukm ukm yang lahir dari negara negara lain. Hal pertama yang sering menjadi soal adalah. Ukm kita terlihat tidak memiliki pengakuan dari bangsa sendiri. Yang mana ekosistim berusaha terasa begitu berat dan begitu sulit untuk mengembangkan diri. Salah satu kesalahan fatal dari model program yang banyak dikembangkan oleh pemerintah.

Adalah orang yang tidak pernah berwirausaha dan berpraktik menjadi bagian pokok dari program pengembangan ukm tersebut.  Ini bukan kritik terhadap para mentor tapi menempatkan seseorang pembimbing dalam upaya membimbing orang lain adalah. Jika pembimbing tersebut sudah melalui jalannya. Tapi jika belum maka ini akan menjadi bencana yang tidak bisa kita hindari. Bahwa pada dasarnya kita dibimbing oleh orang yang juga sedang mencari jalan. Statement pagi yang agak berat untuk kita sampaikan semoga tidak menjadi pikiran bagi pembaca. Tapi karena kami paham akan hal ini. Maka munculah sebuah mekanisme kantor bersama dan lebih detail lagi. kami sebut sebagai rumah ukm untuk bertumbuh.

Kolektivitas dan kolaborasi

Bagi sebagian orang tentu yang kita sebut dengan bertumbuh. Adalah sebuah mekanisme yang mana bukan saja omset yang tumbuh. Akan tetapi lebih dari itu pengalaman dan pengetahuan. Dan kami memutuskan untuk mengambil bagian kecil dari proses bertumbuh itu. Karena dalam praktik yang kami lihat sebagai sebuah proses bertumbuh adalah landasanpacunya. Yang mana terletak pada domisili sebuah ukm berada. Sehingga ketika dapat pertanyaaan dan mengklarifikasi calon klien.

Mereka bisa menjawab dan menjelaskan, bahwa mereka mampu dan sanggup. Untuk kita mintai pertanggungjawaban, jika sewaktu waktu ingin ditemui dan ingin dimintai penjelasan lebih lanjut. Orang bilang ini adalah cara cara kuno. Namum dari sisi kesadaran seorang manusia. Sebuah lokasi geografis adalah sebuah titik awal memulai reputasi dan rasa saling percaya. Dan ini tidak mudah untuk memulainya dan mendapatkannya. Ada berbagai mekanisme dan metode yang membuat kita mesti menyusun secara perlahan apa dan bagaimana caranya.

Pada sa’at bersamaan dengan memiliki alamat kantor. Pengakuan perlahan akan tumbuh dan lebih lagi, dengan begitu kita akan meneriman rasa percaya sebagai dasar dasar dalam menciptkaan pasar. Karena rasa percaya itu tidak bisa dipaksakan. Tapi rasa percaya itu dibangun dari lembar lembar hubungan yang sangat tipis menjadi lembar lembar keyakinan yang tebal dan bisa disandarkan.

Komentar ditutup.

Call Now Button