Matinya Model Bisnis

Matinya Model Bisnis

Matinya Model Bisnis adalah artikel reflektif terkait kondsi real dampak buruk covid19.  Dampak yang berlarut larut dalam konteks kesehatan masyarakat dan stabilitas ekonomi. Menjadikan banyak model bisnis yang lama dan kaku serta tidak bisa beradaptasi mesti menutup layanan mereka dan berdarah darah mempertahankan cashflow mereka. Zaman yang pada masa ini tidak lagi bisa mengandalkan model bisnis convetional dipaksa untuk melibatkan teknologi dan digitalisasi sebagai alat serta sebagai ujung tombak untuk bertahan.

Perjalanan yang tidak mudah ini bukan saja dihadapkan kepada pelaku usaha yang besar. Akan tetapi juga menjadi faktor pembunuh bagi usaha yang sedang dan kecil. Sering kita memimpikan bahwa keadaan sa’at ini adalah keadaan penting untuk melakukan banyak perubahan. Selain memanfa’at kan digitalisasi juga memanfa’at teknologi robot serta remote.  Wow, sudah semana posisi bisnis anda. Apakah sudah mulai berubah, atau masih pikir pikir dulu. Jika anda masuk kelompok yang masih pikir pikir dulu. Maka ada semacam ketertinggalan yang anda harus bayar. Salah satunya, keterlambatan berubah dan disalip oleh pelaku usaha baru serta pemula. Anda akan berusaha merangkak keatas, untuk mendapatkan tempat dan pengakuan yang itu biayanya tentu tidak murah.

Hidup sa’at ini untuk masa depan

Yah, itulah kira kira kutipan yang bisa menjadi pegangan kita. Bagi seorang pelaku usaha, belajar adalah sebuah alat demi mengatasi perubahan. Jangan berhenti belajar, karena dengan berhenti belajar kita sudah mati. Lalu bagaimana langkah selanjutya. Bagi anda yang masih “wait and see” jangan kelupaan untuk segera berubah dan bergerak menuju kepastian rencana bisnis anda. Jangan menjadi patung yang kaget karena dentuman petir. Risiko terbesar dari proses itu adalah anda akan menjadi patung selamanya. Mulai melakukan riset, dan pastikan tujuan riset anda.

Melakukan riset tanpa tujuan akan membuat anda kebingungan apa yang akan anda lakukan. Coba berkomunikasi dengan orang yang memiliki pengetahuan. Pastikan anda mendapatkan nasehat yang tepat. Dari orang orang yang bepengalaman. Nah, bagaimana menurut anda. Terkecuali anda adalah pemain dan pelaku usaha yang menjadi ujung tombak dari upaya perubahan sekarang tentu sudah ada tempat tempat dan model yang sudah tinggal di aktifasi. Karena ada beberapa peaku usaha yang sensitif terhadap perubahan sehingga kematangan berpikir dalam mempersiapkan sebuah model yang bisa survive tentu tidak mudah.