Mempertahankan Bisnis Sa’at PSBB

Mempertahankan Bisnis Sa’at PSBB

Artikel pendek ini dengan judul Mempertahankan Bisnis Sa’at PSBB. Bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dan klarifikasi. Dari pemahaman pentingnya landmark atau penanda lahan. Yang mana keadaan guncangan oleh covid19 selama enam bulan terkahir benar-benar menimbulkan kebuntuan. Hanya sebagian kecil usaha yang mendapatkan serta berbicara tentang manfa’at positif pada saat keadaan hampir resesi menumbuhkan sebuah peluang dan manfa’at ekonomi. Dan tentu ini tergolong aneh jika sampai bisa begitu. Hanya orang -orang yang paham akan asepk dasar dari kebutuha dan pertumbuhan ekonomi. Serta pemahaman terhadap pola ancaman dan kekacuan ekonomi.

Yang selama ini telah berlangsung sejak lama dan berulang. Sehingga bisa sampai pada kesimpulan, tentang bisnis yang bisa melewati fase ini adalah bisnis yang secara konsep dan praktik teruji. Selain bisnis tersebut mesti juga mengutungkan. Dan tentu menjadi pertanyaan bagi semua orang, bagaimana mungkin bisni yang bertahan tidak bisa menyandarkan diri pada aspek mobiitas dan berkumpul. Yang mana watak seperti ini sudah berlangsung ribuan tahun.

Kantor Sebagai jangkar

Sering datang pertanyaan, bukannya sia sia mengeluarkan biaya untuk penyewaan kantor. Dalam keadaan ekonomi sudah pasti melambat dan transaksi membuat polanya sendiri. Secara teknis jawabannya tentu iya, akan tetapi secara prinsip, penulis akan bilang, tidak. Kenapa? Karena, sebagai manusia masih ada harapan positif dan memory tentang pola ekonomi dan bisnis yang eksis. Yaitu bisnis yang benar-benar memiliki kantor.. Walaupun ada pergeseran kearah yang banyak menekan. Yang mana kantor untuk bertahan hanya sanggup menutupi dengan konsep domisili kantor. Atau konsep yang lebih populer dengan terminologi, “Bayar sesuai kebutuhan Anda”.

Saking tidak mengikatnya konsep ini, ketika sebuah entitas tidak lagi berkantor pada alamt yang sama, para pelaku usaha bahkan mengabaikan status domisili mereka. Yang menyatakan bahwa skema ekonomi tanpa status domisili tetap bisa diandalkan untuk membangun semangat optimisme paska krisis. Sebagai pengambil keputusan yang bergantung kepada rasa optimis untuk bisa membangun sistem ekonomi mandiri. Sebaiknya menetapkan jangkar sebagai landasan mendorong semangat tersebut, dimulai sejak awal.

Belum ada formula pasti untuk bertahan dalam mendorong eksistensi sebuah bisnis dalam mengarungi model lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian ini. Dan selama menjalaninya, salah satu pilhan terbaik adalah denga mendorong serta mempertahankan hal-hal dasar dari kehidupan usaha anda. Salah satunya, alamat kantor yang masih disana.