Kemudahan Berusaha UKM

Kemudahan Berusaha UKM

Sering kita sebagai pegusaha pemula berharap akan Skema Kemudahan Berusaha UKM. Muluk-mulukkah harapan ini, tentu tidak. Dengan kondisi Indonesia yang memprioritaskan pertumbuhan ekonomi. Dengan startegi export membutuhkan solusi yang bukan saja dari regulator. Sejatinya juga ada dan tersedia dari kontribusi model bisnis yang secara aktif ingin berbagi. Skema Kemudahan Berusaha UKM bisa datang dari ukm lain. Tidak saja datang dari keberadaan dan dukungan uang pajak yang dikelola oleh pemerintah. Dan tentu, kondisi ini agak unik dan mungkin tidak terlalu diharapkan oleh banyak pihak.

Terutama yang mengerti bahwa tanggung jawab kemudahan berusaha adalah tanggungjawab regulator yang memiliki kapasitas yang memadai. Tapi kita sebagai pelaku usaha juga tidak lupa bahwa beban regulator yang berharap pendapatan dari pajak dan pendapatan lainya. Beban yang kadang cukup dan tidak bagi berlangsungnya pelayanan maksimal. Dengan begitu ekosistim berusaha yang sehat tersebut memberikan kesempatan kepada para pihak untuk bertumbuh dan bergerak maju. Dan hal ini sudah diuji cobakan dibanyak negara, betapa ruang-ruang positif yangt tercipta tersebut memberikan pengaruh positif juga.

Mulai ditapaki dari Tangerang Selatan

Skema Kemudahan Berusaha UKM yang datang dari initiatif expresoo dalam mendorong terciptanya ruang-ruang produktif dalam berbisnis merupakan sebuah cita-cita ketika pada 8 oktober 2018 memulai rintisan ini. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya kesuksesan kami pada tahun 2018 diukur dari berapa jumlah rupiah yang bisa kam selamatkan dan memberikan dampak efisiensi bagi perusahaan. Dalam hitungan kasar yang secara resmi kami keluarkan ada sekitar 6 Milyar rupiah dan berpotensi sebagai tambahan modal bagi perusahaan dalam menciptakan inovasi dan kesempatan kerja bagi warga negara. Merupakan tantangan tersendiri ketika kami melakukan edukasi seperti ini kepada para calon pengusaha. Dimana kami sebagai penyedia seakan-akan mendapatkan manfa’at hanya dari transaksi bisnis yang kami lakukan. Tapi lebih dari itu semua, proses mendorong efisiensi ini justru memberikan dampak positif pada aspek idiologi kesjahteraan yang berpijak pada eksploitasi atau pengrusakan lingkungan.

Dalam satu tahun terakhir kami berhasil membuktikan dan pembuktian kami telah berhasil menciptakan dan benar-benar menyelamatkan lingkungan dengan menjadi bagian dari gerakan SDDGs. Model bisnis expresoo yang jauh dari model bisnis berkompetisi lebih pada model bisnis kolaborasi berharap bisa menjadi cara pandang baru bagi pelaku usaha. Dan bis bersinergi dengan pelaku usaha dari tangerang selatan sendiri maupun dari luar yang ingin menjadi bagian dari perubahan ini. Mari UKM tangerang selatan, ini waktunya bangkit.

Komentar ditutup.