Menyelamatkan Bisnis

Menyelamatkan Bisnis

Menyelamatkan Bisnis adalah artikel refleksi penulis semata. Apa yang bisa dilakukan oleh seorang pelaku usaha dalam keadaan yang begitu mendesak ini?. Dalam tekanan berkali-kali dari keadaan sosial dan kesehatan. Yang membuat pergerakan ekonomi melambat dan tentu yang juga menantang adalah upaya serta rencana bertumbuh menjadi bisa tertunda, berubah menjadi rencana bertahan. Dan tentu adalah sebuah masalah jika dalam posisi tiba-tiba, rencana yang tadinya menyerang mesti dibalik menjadi bertahan. Nah tidak semua pelaku pertumbuhan disiapkan untuk membangun rencana bertahan. Dimana filosofi dan metode sangat berbeda dan tentu tidak selalu dalam arah yang sama.

Manajemen risiko adalah salah satunya yang bisa digunakan, tapi siapa yang pernah tahu, dalam setiap rencana pertumbuhan selalu menambahkan biaya risiko sebagai bagian dari rencana perutumbuhan. Hampir 90% perencanaan mungkin mengabaikan ini. Dan sudah bisa dipastikan bahwa, buffer atau pelindung diri secara pendanaan tidak dilengkapi.  Nah, yang bisa dilakukan adalah realokasi atau efisiensi, yang tentu dengan model begini akan membuat pelaku usaha sangat rentan terhadap perubahan dan dinamika yang tidak bisa dihitung. 

Medan Permainan

Siapa yang paling terdampak dalam tantangan covid19 ini?. Tentu orang-orang yang memiliki minimum aspek dalam ekosistim ekonomi. Dan tentu yang paling minim daya tahan tubuhnya mungkin karena adanya penyakit bawaan. Dan lagi, jika dalam prilaku perjalannya, mereka masuk dalam zona merah yang sangt mungkin membuat mereka terpapar oleh virus corona. Dalam artikel pendek Menyelamatkan Bisnis, penulis tidak bisa menjelaskan lebih dalam, karena masing-masing kondisi dari pelaku usaha adalah medan permainan mereka sendiri. Dengan kondisi begitu, aturan main dari medan permainan tersebut, sudah dipahai sedari awal. Sebelum bicara kesuksesan dan keberhasilan memenangkan permainan, maka upaya penyiapan strategi dan menentukan peran yang akan diambil adalah sebuah proses pengambilan keputusan yang sangat strategis dan komprehensif memaahami model permainan. 

Selain pilihan untuk bisa bertahan, sejatinya juga tersedia pilihan lain seperti mundur sesa’at untuk memahami peta pasar sebagai sebuah solusi. Menemukan model kolaborasi untuk tetap masuk dan bertumbuh. Mengambil model-model yang bertujuan bertumbuh.  Oleh sebab itu dengan menemukan mitra yang tepat agar bisa melewati keadaan krisis seperti sa’at ini, dengan memangkas biaya-biaya yang terhitung akan membebani perusahaan seperti sewa kantor. Merubah dari menyewa kantor ke virtual office. Dimana beban rutin yang membuat organisasi terpukul bisa sedikit lega. 

Komentar ditutup.