Waktu Memulai Bisnis

Waktu Memulai Bisnis

Artikel Waktu Memulai Bisnis adalah sebuah dasar pemikiran dari pengalaman penulis selama mengamati para pelaku usaha yang hilang dan tumbuh seiring waktu. Lebih dari 2 tahun penulis melihat fenomena jatih bangun, karena model bisnis yang bergantung pada pihak ketiga atau pengadaan pemerintah.  Mengandalkan permintaan pemerintah adalah sebuah model yang umum yang terpakai oleh pelaku usaha. Ketika berangkat dari pengalaman beraktivisme. Sebut saja tangerang selatan, jaringan milinial dan aktivis lebih memilih menjalankan usaha kita dasarkan pada sistem pengadaan pemerintah. Yang mana selama inipun sudah terbukti bahwa proses mendapatkan pekerjaan dari pengadaan pemerintah adalah sebuha perjuangan yang tidak mudah.

Ada beberapa saringan yang perlu kita lewati, pertama kenal, kedekatan, dan kelengkapan dokumen. Yang mana ini menjadi tantangan yang tidak mudah bagi pelaku usaha pemula, berhadapan dengan pelaku usaha senior yang sudah melakukanya terlebih dahulu. Penulis bisa katakan model bisnis ini tidak sulit dijelaskan, tapi lebih sulit ketika masuk dalam sistem dan proses yang berbelit, memerlukan pengorbanan waktu dan emosi. Ini merupakan sebuah tantangan bagi beberapa orang, namun tantangan yang ini tidak cukup menjelaskan bagaimana sebuah model bisnis tumbuh dan bekermbang. Dengan alami serta apa adanya. Pendekatan permintaan yang birokratis sering sangat terhalang pada bentuk dan kriteria relasi yang politis.

Momentum dan Kesiapan

Jika bicara waktu, tentu dalam perjalan kita. Bermacam sudah terjadi, namun dalam bisnis momentum dan kesiapan adalah sebuah proses yang tidak bisa kita abaikan. Ada yang memilih untuk menggunakan pendekatan permintaan dari sistem pengadaan namun ada juga yang sengaja membangun kesiapan untuk mendapatkan momentum. Namun keduanya selalu membutuhkan kesabaran dan kemampuan bertahan dalam mewujudkan mimpi. Sebuah konsep prilaku nan abstrak dan belum tentu terwujud, hanya karena salah momentum dan tidak siap, walaupun sabar menanti. Nah, bagaiaman kita mesti berhadapan dengan keadaan tidak tentu ini.

Karena dalam periode tertentu mungkin kita tidak terlalu kita kenal dan diminta masuk dalam ekosistim tersebut. Mendorong sebuah transaksi menggunakan pendekatan politik adalah sebuah strategi menarik dan menguntungkan. Karena ada berbagi pola yang menjadi dasar dari memilih cara ini. Apalagi bisa memenagkan momentum dan siap menampung kesempatan yang lahir. Maka disa’at itulah pelaku usaha merasa tidak terlalu telat karena sudah memulai bisnis, dan semua siap untuk dijalankan. So guys, nunggu apalagi segera daftarkan usaha anda, dan mulai sekarang.

Komentar ditutup.