Ketangguhan Usaha

Ketangguhan Usaha

Ketangguhan Usaha adalah konsep yang menjadi populer selama pandemi. Sebagian orang mungkin masih bertahan pada upaya menjadi besar dan kuat serta berpengaruh. Namun kenyataan sekarang adalah yang tangguh dan tetap bisa berjualan serta mampu berjalan dalam usahanya. Adalah jawaban yang kebutuhan dari pembatasan sosial maupun covid19. Tidak ada yang menyangka, sekelompok orang akan kembali pada prinsip hidup dan berjalan, tidak lagi besar dan berpengaruh. Karena sampai sa’at ini, besar dan berpengaruh terbukti adalah arena dalam stabilitas dan kepastian.

Sementara ancaman terbesar dari model bisnis sa’at ini adalah ketidakpastian dan insecure. Sewaktu-waktu sebuah entitas bisnis bisa tersingkir. Dan sewaktu-waktu seorang pemain bisnis bisa telempar dari arena bermain. Tresungkur dan terpuruk karena, keadaan tidak lagi berpihak kepadanya. Yang mana cadangan tidak lagi berupa prioritas, namun yang menjadi prioritas adalah aliran uang masuk dan keluar, yang secara konsisten bersedia mendorong usaha untuk tetap menjadi bagian dari cycle bisnis. Daya tarik pertumbuhan dan cycle bisnis tidak lagi menjadi agenda. Tapi justru sa’at ini adalah peran dari Demografis dan agenda bertumbuh.

Ukuran dan Nafas Panjang

Kira kira indikator ukuran dan nafas panjang yang menjadi variable yang kita gunakan. Mengikut pada kedaan dan keadaan sekarang. Yang mana tantangan untuk tetap eksis dan berkelanjutan adalah sebuah tuntutan dari kepaiawaian sebuah entitas bisnis beradaptasi. Apa yang menjadi tolak ukur ini adalah sebuah model yang kita percaya bagi banyak pihak bisa menjadi jalan untuk tetap berlanjut. Dalam kenyataan pahit seperti ini, kehilang eksistensi dari arena dan keluar dari area bermain karena kita paksa adalah sebuah kenyataan. Namun untuk bisa tetap bertahan dan berlanjut adalah sebuah mekanisme yang tidak semua entitas miliki.

Sebagaimana kita lihat ukuran besar tidak selalu menentukan usaha tersebut bisa tetap hadir dan berlanjut. Namun dengan kemampuan bertahan dan nafas panjang ukuran tidak lagi menjadi variabel yang masuk pertimbangan. fokus pada keberlanjutan adalah sebuah fokus yang mesti dimiliki dan menyatu dalam usaha. Expresoo virtual office berharap bisa menjadi bagian tersebut dan benar benar hadir membantu pelaku usaha yang sedang terjepit dan butuh untuk bertahan dan menambah nafas mereka. Tidak mudah menjadi pelaku usaha pada zaman yang diluar hitungan kita semua. Namun dengan memahami keadaan dan nature dari  bisnis model diharapkan kehadiran Expresoo menjadi bagian dalam keberlanjutan.