Model Bisnis Bertahan

Model Bisnis Bertahan

Model Bisnis Bertahan adalah refleksi tahun kedua. Dari mencari celah bertahan dengan kondisi nyata yang sedang kita hadapi sa’at ini. Bukan saja kebijakan yang telah berdasarkan pada kondisi kekurang informasi lengkap lapangan namun juga ada faktor pendorong dari luar kontrol pemerintah. Dan tentu ini berdampak pada bagaimana pelaku usaha bisa membangun pertahan bisnis mereka. Dan pengalaman yang hampir 2 tahun ini bukan sebuah proses yang akan kembali pada keadaan sebelum, tapi justru akan semakin parah atau berbelok tanpa ketahuan yang mana ujung kedaan tersebut.

Nah, lalu sebagai pelaku usaha apa yang bisa kita lakukan, selain terhindar dari keadaan buruk yang bisa saja semakin buruk. Tapi tetap mendapatkan manf’at dan pertumbuhan usaha. Beberapa orang tentu akan mengamati bagaimana uang mengalir, salah satunya adalah bermain pada sektor sektor paling kita butuhkan. Baik terkait kesehatan maupun terkait kebutuhan hidup dasar, yang sudah pasti tidak bisa kita hindari. So guys, solusi yang kita cari datang dari pengalaman kita bertumbuh dengan keadaan sangat terbatas. Namun, keadaan yang sangat terbatas ini membentuk kita menjadi entitas yang secara sunyi menjadi bagian dari melanggengkan status quo virus covid19 yang berdampak pada sosial ekonomi.

Memaksa bertumbuh

Dengan menguatkan diri dan menjadi bagian dari cara bertahan adalah salah satu metode yang mengusahakan entitas dari konsep adaptasi. Yang mana adaptasi ini lahir dari kedaan sekarang yang bertransformasi dari individu yang menjalankan organisasinya. Dan selanjutnya, organisasi tersebut akan menyesuaikan dengan bagaiman menempatkandiri dengan keadaan sa’at ini. Serta mencari jalan menyesuiakan kemampuan bertahan secara terus menerus. Uji daya tahan tidak akan terputus pada kedaan sa’at ujian pertama datang. Namun tentu akan bersambung pada tahap selanjutnya yaitu masuk ke ujian ujian selanjutnya. Yang dengan cepat berubah dan beradaptasi untuk terujikan kembali kepada kita.

Sudah tentu, mengalami keadaan sekarang bukan sesuatu yang mudah, karena setiap hari kita akan berhadapan dengan ujian mematikan baik dari virus maupun dari perubahan keadaan yang membuat kita tidak bisa bertumbuh dan berkembang. Bukan saja datang dari luar namun tentu juga datang dari dalam. Dan ini bukan saja berbentuk ancaman namun juga bentu konkrit seperti pengaruh ketidakmampuan berdaptasi. So guys, semoga artikel pendek ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita, namun juga sebagai inspirasi dalam mempersiapkan entitas yang sedang kita kawal.