Menjajaki Peluang 2021

Menjajaki Peluang 2021

Artikel Menjajaki Peluang 2021 adalah cerita harapan yang bisa kita bangun untuk mendapatkan nilai terbaik dari perencanaan yang tertunda. Hampir selama satu tahun lebih, dalam ketidakpastian. Agenda menciptakan kemudahan dan membangun jaringan adalah agenda penting, bagi pihak pihak yang terhubung dalam upaya merecovery keadaan ekonomi bangsa. Yang dalam keadaan pesakitan, karen sebab oleh dampak covid19. Semagat dan nilai yang sebelumnya mungkin bukan bentuk agenda banyak pihak, tapi justru sekedar semangat berapi-api. Sekarang sduah semakin terstruktur dan terkonstruksi menjadi semacam tujuan nilai yang diharapkan akan menjadi puncak dari harapan.

Namun memang menjadikan sebuah cita cita nilai dari sebuah cita cita dalam wujud dalam bentuk yang konkrit tidaklah mudah. Banyak hal yang mesti kita lalui, bahkan kadang ada proses yang kita sebut uji dan coba, tarik dan ulur. Dan dengan begitu, kita akan mengetahui, seperti apa keadaan dan kebutuhan pasar yang akan tumbuh dalam beberapa waktu kedepan. Beberaa orang percaya bahwa keterbatasan terhadap keadaan membuat seseorang tidak bisa melakukan sesuatu yang kita tidak punya akses terhadapnya. Namun, kenyataanya, dalam perkembangan dari segala uji coba, pada waktu ketika metode dan model yang kita bangun adalah sebuah strategi yang fokus. Akan membuahkan hasil dengan capaian yang kita tidak sangka sangka.

Solusi Jangka Pendek

Lalu apa tawaran dari banyak pihak dalam menyelesaikan masalah dan mendorong harapan mereka bisa menjawab kegelisahan kolektif ini. Dari sudut pandang penulis, sebuah solusi bisa sangat spesifik dan konkrit. Yang mana model tersebut memang kita tujukan untuk membuka kesempatan dan kemudahan bagi pelaku usaha yang sangat subjektif. Sebuah solusi bisnis dari sebuah keadaan usaha, belum tentu bisa menjadi solusi yang sama bagi pihak lain. Dan bisa mencapai kesuksesan bagi pihak lain dengan hasil yang sama. Itulah, tantangan kita pada zaman kolektif ini, semua solusi kita samakan pada sa’at semua orang memiliki masalah yang berbeda, namun kelihatan sama. Dalam perjalanannya, tidak semua masalah ketika terlihat sama maka masalah tersebut adalah sama dengan penyebab yan sama dan tanda-tanda yang sama. Sangat mungkin motiv dan lata belakang berbeda, Dan refleksi seperti ini kita butuhkan dari pihak yang memberikan solusi dan memberikan perhatian untuk peecahan masalah.

Dengan mengamati secara cermat, dan memantau bagaimana respon seseorang terhadap realitasnya. Akan sedikit membantu, tapi bukan solusi. Sehingga ketika kita menjajaki ruang ruang seperti ini, dimana kita mengukur dan menimbang dalam wawasan kita yang terbatas. Untuk sampai pada tujuan jangka panjang yang menjanjikan. terimakasih telah membaca artikel yang absurd ini.