Pertahanan Usaha

Pertahanan Usaha

Dalam 6 bulan terakhir hampir semua yang kita kenal terpapar dampak lanjutan dari kondisi ekonomi yang muncul dan bergejolak karena covid19. Ini adalah kenyataan pahit yang akan menguji Pertahanan Usaha yang sudah lama dibangun. Dan tentu dipersiapkan untuk tumbuh dan bergerak sebagai lokomotif kemerdekaan dan idealisme dari pelaku bisnis. Memenumukan Mekanisme Pertahanan Usaha dalam kondisi seperti sa’at sekarang adalah sebuah keajaiban yang tidak begitu saja datang.

Tentu datang melalui proses perumusan yang berulang dari perjalanan dan daya lejit. Serta hasil diskusi sepanjang jalan sejak keadaan normal dahulu.  Dan sebagai sebuah perjalana, bisa saja kita melihat sa’at ini pola yang kita bangun adalah pola terbaik. Sementara dalam perjalan 6 bulan dalam perjalan ke depan. Tantangan tersebut akan semakin beragam. Sehingga proses adaptasi dan pembelajaran bagi pelaku usaha. Inilah masa-masa yang mana kemampuan kita mendapat ujian demi menciptakan warna dan suasana yang mendorong tata kelolal dan model yang memilik kemampuan adaptasi. Dan kemampuan ini adalah cara yang tidak mungkin semua orang temukan.

Adaptasi Perubahan

Sebagai pelaku usaha, dalam membangun mekanisme pertahanan kadang ada yang cocok dan tidak. Akan tetapi ketika berjalan menghadapi kenyataan dalam proses, makan secara bertahap kita bisa bergerak menyesuaikan sedikit demi sedikit. Tidak banyak mungkin yang mendapatkan kesempatan ini. Akan tetapi dengan kedaaan nyata seperti ini. Kita semakin yakin bahwa cara bertahan yang disesuiakan lembar demi lembar adalah sebuah model coping yang sudah lama terpakai oleh nenek moyang kita. Dan setiap orang punya mekanisme dan cara. Sehingga dengan begitu, bisa diharapakan sebagai cara menjawa perubahan yang begitu cepat.

Lalu bagaimana sebaiknya kita membaca keadaan ini?. Karena dengan menggunakan cara lama sudah pasti tidak akan efektif. Dan justru akan mengarahkan kita untuk jauh dari tujuan yang ingin kita capai. Sehingga kita mesti mendudukan tata pikir dan mencari mekanisme yang lebih masuk akan dalam memutuskan sebuah kondisi. Kenyataan dari cepatnya pergerakan perubahan pada akhirya mewajibkan kita untuk memiliki mekanisme coping yang tidak biasa. Dan jika bertemu dan sesuai dengan kodisi nyata maka ini akan menjadi pijakan dan landasan pacu demi mencapai cita-cita ideal ketika mendirikan usaha dan terjukan ke arena wirausaha ini. Jika kita adalah penganut keyakinan determenistik maka akan terlihat jelas jalan terbentang dalam sebuah fakta. Bahwa semua akan berakhir pada waktunya.

Komentar ditutup.

Call Now Button