Virtual Office Untuk Umkm

Virtual Office Untuk Umkm

Sangat sulit bagi pelaku usaha untuk bergerak dalam keadaan sekarang ini. Bukan saja disebabkan oleh kondisi ketidak pastian akan perubahan serta kapan covid-19 akan berakhir. Tetapi juga, melambatnya ekonomi yang berdampak pada terganggunya keseimbangan cash flow. Bagi usaha yang memiliki dana talangan sebagai basis bisnis mereka, ada beberapa bulan catatan yang menjadi pegangan untuk tetap eksis. Namun, penutupan daerah skala besar berdampak begitu kuat terhadap daya beli masyarakat. Dengan kondisi begini, kemampuan bertahan dan model bisnis adalah kunci keberlanjutan. Dan keberlanjutan adalah tanda-tanda bisnis yang memilki kemampuan beradaptasi. Pada waktu-waktu sebelumnya expresoo virtual office pernah meluncurkan sebuah model virtual office untuk umkm. Dimana diharapkan dorongan kemudahan memulai usaha bisa menjadi sebuah solusi bagi pelaku usaha kecil mikro untuk tetap eksis dengan metode yang berbeda. Sehingga keberadaan program stimulus ini tetap dibutuhkan. Dengan begitu, posisi pelaku usaha mikro yang baru belajar usaha atau sedang merintis dalam kondisi sangat ketat seperti sa’at ini bisa tetap bergerak.

Pentingnya Peran Umkm

Tentu menjadi pertanyaan oleh banyak pihak, kenapa program ini menjadi penting dan perlu diperjuangkan. Jawaban paling sederhana adalah, dengan kondisi seperti sa’at ini, diperlukan para pelaku usaha yang tangguh dalam memproses ke “normalan baru” dimana menurut penulis kemampuan mengadaptasi ini terletak ditangan pelaku usaha mikro. Karena mereka adalah ujung tombak yang merasakan langsung dan mengeser secara cepat bagaimana sebuah kondisi sulit bergerak dan berjuang untuk mencapai pasar. Dengan kemampuan adaptasi mereka akan memberikan banyak manfa’at bagi pelaku usaha untuk mendapatkan manfa’at dan transaksi. Peran program dukungan dan stimulus ini tentu akan menjadi pertanyaan bagi banyak pihak. Seberapa efektif program ini. Dan tentu dengan metode sepeti ini setidaknya masih ada harapan bagi pelaku usaha pemula untuk berpayung agar merek mereka tidak hilang dari pasar online. Mungkin kontribusi ini tidak sebanding dengan model yang diberikan oleh penyedi lain. Atau kalau dibandingkan dengan kebutuhan umkm sendiri untuk bisa bergerak dan bertumbuh.

Nah, itulah kira-kira pandangan kebijakan dari manajemen Expresoo virtual office. Semoga kontiribusi solidaritas ini bisa membantu pelaku usaha mikro untuk bertumbuh dan berkembang mendapatkan metode adapatasi yang bisa dibagi kepada pelaku usaha lainya. Dan kondisi covid 19 bisa berlalu untuk menciptakan masa depan bangsa yang lebih tangguh dan mantap.

Komentar ditutup.

Call Now Button