Mendorong Pertumbuhan Lokal

Mendorong Pertumbuhan Lokal

Apa yang penulisa maksud dengan mendorong pertumbuhan lokal adalah sebuah upaya melihat kedalam. Demi menghadapi kondisi perang dagang Amerika dan China. Dipahamai butuh strategi bisnis yang lebih masuk akal. Dari hanya sekedar mendapatkan cuan dari export barang. Dan tentu sebagai pengusaha yang hanya mampu mengandalkan pasar lokal sebagai cara untuk tumbuh memahami konsep pertumbuhan dengan kemapuan lokal adalah sebuah upaya yang tidak mudah. Dan tentu pemahaman tentang pasar lokal dan kebutuhannya merupakan sebuah pengetahuan yang sering tidak menjadi tujuan para pebisnis lokal karena tipisnya selisih yang bisa didapat. Selain cara pandang terhadap pasar lokal yang sering dianggap tidak memiliki kemampuan dalam memenuhi harapan para pebisnis. Tapi jika diperthatikan lebih dalam, apa yang terjadi ketika krisis 98, ekonomi Indonesia mengalami kegagalan karena kuatnya pengaruh ketergantungan lokal pada global. Membuat kesan dan pelajaran kita akan apa yang mesti dilakukan dan dipersiapkan untuk kondisi yang lebih buruk dari itu. Pelajaran yang dipetik oleh pemerintah atau pihak pelaku usaha adalah. UKM dan UMKM adalah unjung tombak kebertahanan ekonomi kita pada waktu itu. Sehingga bisa kembali berdiri dan bergerak menuju sa’at ini.

Budaya dan Optimisme

Kunci yang menarik adalah, budaya pedagang kecil dan usaha kecil kecilan di rumah-rumah demi mendorong transaksi. Adalah sebuah strategi akan pentingnya saluran distirbusi mikro. Dimana transaksi kecil medorong transaksi-transaksi besar yang menciptakan penggerak dari mesin-mesin ekonomi nasional.  Saluran distiribusi mikro ini pulalah yang menjadikan kepercayaan diri orang Indonesia pada waktu itu bertumbuh secara pelahan dan menciptkan dayathan baru yang sejatinya bisa kita pakai sewaktu-waktu dalam kondisi seperti apapun. Pola dan metode mengembalikan kepercayaan diri pada kemungkinan bertumbuh ini juga memberikan dampak pada kelas pelaku ekonomi besar untuk berpartisipasi dalam turut menciptkan optimisme dikalangan masayarakat luas. Dan tentu, hal ini juga memberikan kepastian kepada pelaku usaha untuk bisa memastikan bahwa mereka tidak mudah untuk digoyahkan.  Dan tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa resesi yang akan kita alami karena korona dan perang dagang serta keluarnya inggris dari uni eropa adalah bagian dari sebuah matarantai kejadian yang memanggil kesiapan kita untuk menggunakan ilmu dan pengetahuan pada 98 lalu.

Jika layak dipanggil dengan recall dari pengetahuan dan pengalaman untuk bangkit dan bertumbuh. Karena sumberdaya yang kita miliki serta populasi yang cukup untuk mendorong pasar lokal memilik keberdayaannya sendiri.

Komentar ditutup.