Peluang dalam Kesempitan

Peluang dalam Kesempitan

Peluang dalam Kesempitan adalah sebuah cara pandang terhadap teknologi dan aliran ide. sering kita merasa, mestinya berusaha itu mudah, dan gampang. Karena apa apa pasar pasti butuh. Sementara dengan keadaan sekarang tentu hal tersebut merubah cara kita melihat. Apa apa tutup, mulai dari gerai besar sampai gerai kecil tutup. Bukan karena pasar tidak ada, atau orang orang tidak ada. Tapi salah satu yang agak menantang adalah kemampuan belanja orang orang menurun. Dengan berbagai situasi yang rumit sa’at ini. Bisnis bukan saja mengalami kendala dalam bertumbuh.

Namun juga dalam keadaan sepeti sa’at ini pelaku usaha mesti melakukan penyesuaian terhadap bentuk baru dari pasar dan trend pembeli. Nah melihat kenyataan ini, dengan berbagai cara pelaku usaha mencoba melakukan penyesuaian keadaaan. dan belajar kembali tentang arah ekonomi kedepan. Mulai dari mencoba perutungan dengan berbagai model bisnis yang beragam. Dan tingkat kesulitan yang beragam juga. Sampai mencari jalan untuk menjalankan bisnis dari sisi apa yang terboservasi sebagai sumber bertumbuh.

Tantangan Baru

Menurut penulis hal yang sering dilupakan adalah jika keadaan dan kenyataan pasar memang berubah, tidak lain. Para aktor pasar yang menginkan manfa’at dari pasar mesti memahami bagaimana pasar tersebut bekerja. Dengan kata lain, pasar mesti benar benar di pahami kebutuhannya dan keinginannya. Dan tentu ini bukanlah sesuatu yang mudah. Dengan segala keterbatasan kita dalam keadaan dan tantagan perlambatan ekonomi. Mungkin bagi berapa lapis kelompok masyarakat keadaan ini tentu merupakan sebuah kesempatan belajar dan mengembangkan potensi mereka. Namun dalam level tertentu, keadaan ini adalah beban yang tidak lagi bisa dipikul. Dengan berbagai keputusan yang dibuat oleh pemerintah, dan tantangan pasar sendiri. Ada semacam batasan yang mungkin kita tidak lagi bisa hadapi. Tapi justru kita haru adaptasi.

Tidak muda mungkin, bagi sebuah usaha kecil kecil memahami kondisi ini. Tentu yang bisa kita pilih adalah mencoba dan mencoba. Sampai benar benar bertemu jalan yang kita maksud. Ancaman akan kegagalan akan selalu menghadang. Namun ancaman tersebut tentu tidak bisa lagi sekedar ancaman namun sudah menjadi kenyataan.  Menerimanya adalah sebuah upaya yang berat. Bukan tidak mungkin. Namun upaya dalam menemukan celah usaha demi membangun cita cita akan mendorong energi positif yang menjanjikan bagi pelaku bisnis kedapanya.

Komentar ditutup.